oleh

Karateka SMAN 1 Soppeng Tampil Memukau pada Peresmian Karate-Do Gojukai Unit KODIM 1423 Soppeng

Soppeng, Rilisinfo.Com – Ekstrakurikuler Karate SMAN 1 Soppeng turut ambil bagian dalam kegiatan Pembukaan dan Peresmian Dojo KODIM 1423 Soppeng sebagai salah satu unit karate baru yang dibina oleh Karate-Do Gojukai Cabang Soppeng, tepatnya pada hari Minggu tanggal 19 Januari 2020, bertempat di Aula Kodim 1423 Soppeng.

Pada kesempatan itu juga, Syarif Hidayatullah, seorang atlet karate SMAN 1 Soppeng yang juga merupakan Ketua OSIS SMAN 1 Soppeng beserta dengan teman-temannya, turut menampilkan beberapa teknik-teknik seni bela diri karate, beberapa di antaranya adalah teknik KATA (jurus) dan teknik GOSHIN (pembelaan diri). Hentakan “kime” (bentuk), paduan teknik “go” (keras) dan “ju” (lembut) yang diiringi dengan “ikkibuki” (teknik pernafasan khas gojukai), mampu menarik perhatian peserta, tak terkecuali oleh Dandim 1423 Soppeng.

Bersama dengan para pelatihnya, ia memperkenalkan “Karate-Do Gojukai” ke institusi Kodim 1423 Soppeng, baik dalam konteks pengertian umum maupun konteks filosofisnya. Secara harfiah, Karate-Do Gojukai merupakan olahraga seni bela diri tangan kosong yang memadukan antara teknik keras dan lembut yang disertai dengan olah pernafasan. Sementara secara hakiki, Karate-Do Gojukai sangat menekankan penempaan mental dan spiritual (karakter) para praktisinya. Dalam gojukai, setiap karate-ka (istilah untuk para praktisi karate) dituntut selain memiliki teknik yang mumpuni, juga harus memiliki mental yang kuat serta akhlak yang mulia. Karate memiliki pundasi pembinaan yang berakar pada nilai-nilai “bushido” (jiwa kesatria), dimana setiap karate-ka harus mematuhi kode etik (sumpah & janji karate), menyelami makna serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-harinya. Hal itulah yang membuat olahraga karate menjadi salah satu bentuk wujud nyata dalam pembentukan dan penguatan karakter bangsa.

Dalamkegiatan tersebut, Dandim 1423 Soppeng Letkol INF Richard Maribot Butarbutar, S. AP, M. Tr(Han), mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh karateka Gojukai Soppeng yang turut berperan aktif dalam membangun generasi muda Indonesia yang berkarakter, khususnya di Kabupaten Soppeng. Menurut beliau, karate adalah salah satu wujud bela negara. Melalui olahraga karate, kita dapat memproteksi diri dan sedini mungkin dalam menangkal serangan ataupun pelemahan-pelemahan terhadap karakter generasi muda Indonesia seperti kecanduan gadget, narkoba, isu-isu SARA, hoax di media sosial, dan lain sebagainya serta mengharapkan, agar dalam proses pembinaan karate ke depan, Gojukai Soppeng dapat menghasilkan atlet-atlet karate yang berprestasi melalui program-program yang terarah dan terukur, sehingga kesemuanya akan berimplikasi pada nama baik daerah Kabupaten Soppeng, baik di kancah nasional dan internasional.

Seni Bela Diri Karate-Do Gojukai telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perkembangan prestasi olahraga daerah dan pembangunan karakter generasi muda. Selain itu juga bahwa olahraga karate saat ini telah dilirik, diapresiasi dengan hangat dan mendapat ruang di dunia pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan ekstrakurikuler karate (gojukai) di tingkat satuan pendidikan, bukan hanya menjadi sebuah kegiatan yang menyalurkan minat dan bakat para peserta didik semata, tetapi telah menjadi program yang berkelanjutan dan terarah yang bermuara pada prestasi. Pembinaan di Karate-Do Gojukai sarat akan nilai dan makna kehidupan serta falsafah kemanusiaan, sehingga dapat menjadi salah satu pilar program pembentukan dan penguatan karakter (PPK) dalam dunia pendidikan.(*)

Reporter : A. Adhy

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *