oleh

SMPN 1 Lilirilau laksanakan Ujian Online dengan Memantau lewat Zoom Cloud Meetings

Soppeng, Rilisinfo.Com – SMPN 1 Lilirilau Soppeng laksanakan Ujian Penilaian Akhir tahun semester genap 2019/2020 secara online untuk kelas 9 dengan menggunakan Google Form dengan memantau lewat aplikasi Zoom Cloud Meetings di tengah keputusan pemerintah memindahkan tempat belajar dari sekolah kerumah karena Covid 19 mulai kamis (26/03/2020).

Agus Salim, S.Pd M.M salah seorang Proktor menjelaskan kepada awak media bahwa ujian sekolah online kali ini menggunakan 4 aplikasi yang di gabung untuk memudahkan siswa dan guru dalam pelaksaannya. Yaitu Google Form, Whats app, Zoom Meeting dan split screen.
Setiap soal ujian online di-input ke dalam aplikasi Google Form oleh masing- masing guru mata pelajaran yang sudah diberikan pelatihan. Aplikasi Whats app digunakan sebagai media informasi dan komunikasi wali kelas dan siswanya sebelum dan setelah pelaksanaan ujian, aplikasi zoom meeting digunakan guru untuk melakukan pengawasan secara online kepada siswa Sedangkan siswa harus meginstal aplikasi split screen di Android masing-masing supaya dapat membuka 2 aplikasi secara bersamaan (multi tasking).

Prosedur pelaksanaan ujian online ini. “Pertama, guru mengabsen siswa melalui aplikasi WA dengan menggunakan suara, setelah siswa semua hadir guru membagikan link zoom meeting dan siswa harus klik link yang dibagikan tersebut supaya bisa tampil di layar monitor guru/pengawas ujian, setelah itu guru mengirimkan link soal yang sudah dibuat di aplikasi Google form beserta dengan token soalnya. Setelah siswa mengisi token soal yang sudah dibagikan mereka bisa langsung mengerjaknnya,” Jadi, peserta ujian belum bisa mengakses soal sebelum pengawas mengirimkan token soal.

Untuk mengantisipasi siswa yang kesulitan saat ujian, mereka diberikan nomor wa khusus teknisi/operator agar masalah yang dihadapi dapat cepat diatasi

Kepala SMPN 1 Lilirilau Laupe Bolli, S.Pd, M.Si, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh hari. Mulai Kamis (26/3/2020) hingga Kamis (2/4/2020). Jumlah peserta ujian sekolah online kelas 9 berjumlah 150 siswa.
Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun semester genap 2019/2020 dilaksanakan dirumah masing-masing baik siswa maupun guru hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid 19 dan sesuai dengan Keputusan Pemerintah agar kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah diganti belajar di rumah.(*)

Reporter : A.Adhy

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *