oleh

Bupati Soppeng Hadiri Acara Serah Terima Kegiatan Program PAMSIMAS III KKM Labae Kec.Citta

RilisInfo.com,SOPPENG(SulSel)- Acara serah terima kegiatan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III  Kelompok Kesewadayaan Masyarakat (KKM) Labae Tahun Anggaran 2021 di Lapangan Andi Pangulu Desa Labae Kec. Citta, Senin (28/9/2021)

Dalam acara tersebut dilakukan peresmian sarana berupa air minum  bersih dan sambungan rumah (meteran) dari rumah masyarakat melalui Program Pamsimas KKM Labae yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Soppeng.

Acara turut di hadiri Ketua DPRD Kab. Soppeng, mewakili Kodim 1423 Soppeng, para kepala SKPD terkait, tim fasilitator Pamsimas Kab. Soppeng serta para undangan lainnya.

Sebelum di resmikan, terlebih dulu di lakukan penyerahan program PAMSIMAS dari Tim Pengadaan Barjas KKM Labae bapak Nasruddin kepada Bupati Soppeng, selanjutnya Bupati Soppeng menyerahkan kepada pengurus kelompok pengelola sarana prasarana air minum sanitasi (KP-SPAMS) bapak A.Iccu.

Ketua KKM Labae, Hamsah  melaporkan bahwa program  PAMSIMAS III Desa Labae Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng Tahun 2021, dengan total anggaran sebesar Rp. 423.056.400

Anggaran tersebut  bersumber dari dana APBN, APBDdes, dana incash masyarakat, dana Inkind gotong royong masyarakat.

Adapun rincian Kegiatan yaitu :
1. Pembangunan Sarana Reservoir Bak 1 unit
2. Pembangunan Kran Umum 1 unit
3. Penggalian dan Pemasangan Pipa 6.784 meter
4. Kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat berupa reklame PHBS dan kampanye ctps
5. Kegiatan PHBS sekolah berupa pengadaan poster dan kampanye ctps
6. Kegiatan pelatihan masyarakat

Hingga saat ini, jumlah pemanfaat sambungan rumah sebanyak 40 SR, yang semuanya menggunakan meteran dan insyaa Allah akan terus bertambah.

Sambutan Camat Citta, Andi Bangka, S.Sos, M.Si yang juga selaku PJ. Kepala Desa Labae dalam sambutannya, kami merasa berbahagia dan berterima kasih atas dukungan dari semua pihak, utamanya masyarakat yang selama ini senantiasa membantu kami, berswadaya demi desa Labae walau sebenarnya terlalu banyak kendala yang kami hadapi selama program Pamsimas ini. Tapi Alhmadulillah sampai hari ini semua masalah sudah bisa kami atasi karena adanya bantuan dan dukungan dari KKM, RT/RW maupun perangkat desa yang tiada letih bekerja demi desa kita ini.

Untuk mendukung keberlangsungan dan keberlanjutan sarana, pihak pemerintah desa akan melaksanakan musyawarah bersama BPD untuk membahas peraturan desa yang dapat mendukung pemeliharaan sarana yang telah dibangun begitu pula keberlanjutan dari KP SPAMS.

Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya, Program ini adalah program pemerintah dalam rangka menciptakan atau menyediakan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Hal ini merupakan tanggung jawab pemerintah secara berjenjang mulai dari desa, camat, bupati, gubernur dan pusat.

Program ini tidak hanya dilakukan oleh aparat tapi adanya gotong royong masyarakat serta rasa kebersamaan dimana sumber mata air kita berasal dari daerah tetangga kita yaitu Kab. Bone. Saya harap ini dimanfaatkan dengan baik karena adanya kerjasama yang baik antar daerah.

Hari ini juga dilakukan penyerahan aset dari pemerintah daerah Kabupaten Soppeng ke Polres Soppeng yang merupakan suatu hal yang penting untuk nantinya akan ditingkatkan. Semoga kedepan Kec. Citta ini menjadi Polsek dan insya Allah Kodim 1423 Soppeng akan kita serahkan hal yang sama.

Kita berharap ada kesinambungan ketersediaan air dimasa yang akan datang. Diharapkan pula fasilitas ini dapat dijaga dengan baik serta akan dikembangkan terus, mudah-mudahan kebersamaan antar daerah juga tetap terjaga.

Saya ingatkan bahwa tidak lama lagi akan ada pemilihan kepala desa antar waktu, saya harapkan siapapun yang ikut berkompetisi agar senantiasa menjaga silaturahmi, keamanan dan ketertiban, jangan menimbulkan masalah di masa yang akan datang. Pemerintah Daerah dan TNI/Polri siap mengawal, memantau dan mengawasi hal ini, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat yang dapat mengancam stabilitas di daerah ini.

Terkait masalah Covid-19, diharapkan agar tetap menjaga protokol kesehatan terutama kepada kepala sekolah, para guru untuk membimbing para murid-muridnya agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Serta diharapkan kepada seluruh masyarakat agar melakukan vaksinasi sebagai upaya melindungi diri dan memperkuat daya tahan tubuh kita.

Pada acara tersebut juga dilakukan  penyerahan sebidan tanah sebagai hak pakai Kepolisian Sub Sektor  (Polsubsektor) Kec. Citta dengan penandatanganan Berita Acara dan Penyerahan Sertifikat lokasi Pembentukan Polsubsektor Kec. Citta oleh Bupati Soppeng kepada Kapolres Soppeng, Moh. Roni Mustofa.

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *