oleh

Sekda Soppeng Sambut Kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat

RilisInfo.com,SOPPENG(SulSel)- Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng, Drs.H. A.Tenri Sessu, M.Si menyambut kedatangan Tim verifikasi kabupaten/kota Sehat di Bumi Latemmamala bertempat di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng, Jumat (08/10/2021) malam.

Sekretaris Daerah Kab. Soppeng dalam sambutannya, Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada bapak/ibu tim verifikasi nasional kabupaten/kota sehat atas perkenan untuk berkunjung dan melakukan kegiatan verifikasi penyelenggaraan program Kabupaten Sehat di Wanua Latemmamala.

” saya berharap ini menjadi awal yang baik untuk membangun hubungan jangka panjang khususnya dalam bidang kesehatan di kabupaten Soppeng

Penyelenggaraan program Kabupaten sehat ini memiliki nilai yang sangat penting, seperti kita ketahui bahwa tujuan program ini adalah tercapainya kondisi kabupaten/kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni sebagai tempat bekerja para warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana produktivitas dan perekonomian masyarakat mengingat saat ini kita dihadapkan dengan masalah pandemi covid 19 yang menuntut kita untuk tetap menjaga pola hidup dan perilaku yang sehat.

Kabupaten Soppeng pada tahun 2021 menyelenggarakan 6 (enam) tatanan yang dikembangkan sesuai dengan potensi dan dinamisasi kehidupan masyarakat Kab. Soppeng, tatanan yang dimaksud adalah tatanan sarana dan prasarana umum sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, tatanan industri dan perkantoran sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan pariwisata sehat dan tatanan sosial sehat. Selain ke enam tatanan tersebut program kabupaten sehat pada tahun ini juga ditambah dengan kegiatan pengendalian covid-19.

Tim Verifikasi Nasional, Trisno Subarkah Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) RI dalam kesempatan tersebut terlebih dahulu memperkenalkan tim verifikasi Kabupaten sehat yaitu Anita (Direktorat Kesehatan Jiwa Kemenkes), Fitriyani (perwakilan Kementerian perhubungan) yang juga didampingi oleh Dinas Kesehatan Prov.Sulsel dan Dinas Bappeda Provinsi Sulsel.

“Saya bersama tim verifikasi Insya Allah mulai malam ini kami akan mulai menverifikasi dan langsung menuju ke sekretariat karena kami berpacu dengan waktu dan besok tinggal melakukan lokus saja.

Tak lupa saya memberikan apresiasi kepada Kab. Soppeng yang ternyata dapat sampai pada hari ini, dimana sebelumnya sebanyak 250 yang mengajukan pengusulan ke pembina pusat, saat seleksi pertama tersisa 155 yang banyak tersandung karena open Defecasion Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan, selanjutnya dilakukan bedah dokumen oleh tim pusat sehingga tersisa 36 Kab/Kota termasuk salah satunya adalah Kab. Soppeng, semoga verifikasi lapangan ini akan melengkapi Kab. Soppeng dapat meraih penghargaan Kabupaten Sehat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Forum Kabupaten Soppeng Sehat, Drs. H.A.Rusli Razak, MM melakukan
Ekspose yang menjelaskan Profil Kab. Soppeng serta penyesuaian misi pembangunan daerah tahun 2021-2026 dengan program Kabupaten sehat diantaranya memantapkan penyelenggaraan pelayanan dasar, memantapkan perwujudan kesejahteraan masyarakat, memantapkan pencapaian daya saing daerah dan memantapkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan di pelataran mesjid agung darussalam watansoppeng dan galeri UKM Dekranasda, serta dilanjutkan malam ramah tamah di Vila Yuliana.

Untuk diketahui, Penilaian Kabupaten Sehat ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 9-10 Oktober 2021. Adapun lokasi yang menjadi penilaian dari tim verifikasi kabupaten sehat untuk taggal 9 Oktober 2021 yaitu kantor gabungan dinas, Public Safety Center (PSC) 119, Ruang Isolasi pasien covid-19, Labkesda, MAN 1 Watansoppeng, SCC Lamataesso, BPKPD, Disdukcapil, SMP 3 Watansoppeng, Pasar Sentral, BBI Ompo,Tellulimpoe Marioriawa, Forum Kec. Marioriawa, TWA air panas lejja. Sedangkan untuk tanggal 10 Oktober 2021 dilakukan di permandian alam ompo, BPP maccile, Desa lompulle, pasar lajoa Kec. Liliriaja, SDN 7 Salotungo, KWT purnama desa pattojo, desa rompegading, kampung prokling desa timusu, dan MTSN 1 Soppeng.

Turut hadir, para Staf Ahli, para Asisten Setda Kab. Soppeng, para kepala SKPD lingkup Pemerintah kab. soppeng, Wakil Ketua Forum Kabupaten Soppeng Sehat.

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *