EKSKLUSIF: Gedung Putih menetapkan batas waktu untuk menghapus TikTok dari perangkat federal

WASHINGTON, 27 Februari (Reuters) – Gedung Putih pada Senin memberi waktu 30 hari kepada lembaga pemerintah untuk memastikan perangkat dan sistem federal tidak mengandung aplikasi TikTok milik China.

Dalam upaya menjaga keamanan data AS, semua lembaga federal harus menghapus TikTok dari ponsel dan sistem serta memblokir lalu lintas internet agar tidak sampai ke lembaga tersebut, kata Direktur Kantor Manajemen dan Anggaran Shalanda Young kepada lembaga tersebut dalam catatan panduan yang dilihat oleh Reuters.

Larangan tersebut, yang diperintahkan oleh Kongres akhir tahun lalu, mengikuti langkah serupa dari Kanada, Uni Eropa, Taiwan, dan lebih dari separuh negara bagian AS.

Larangan perangkat – meskipun hanya memengaruhi sebagian kecil basis pengguna TikTok di AS – menambah bahan bakar untuk seruan larangan total pada aplikasi berbagi video. Kekhawatiran keamanan nasional tentang China telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir setelah balon China menuju ke Amerika Serikat

TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance, mengatakan kekhawatiran tersebut dipicu oleh informasi yang salah dan membantah menggunakan aplikasi tersebut untuk memata-matai orang Amerika. Langkah tersebut tidak akan memengaruhi lebih dari 100 juta orang Amerika yang menggunakan TikTok di perangkat pribadi atau milik perusahaan. TikTok tidak segera mengomentari memo Gedung Putih tersebut.

Pembaruan Terbaru

Lihat 2 cerita lainnya

Pada bulan Desember, Kongres memilih untuk melarang pemerintah federal menggunakan aplikasi video milik China di perangkat milik pemerintah dan memberi waktu 60 hari kepada pemerintahan Biden untuk mengeluarkan perintah agensi. Ini adalah langkah terbaru anggota parlemen AS untuk menindak perusahaan China di tengah kekhawatiran keamanan nasional bahwa Beijing mungkin menggunakan perusahaan China untuk memata-matai orang Amerika.

READ  Mahkamah Agung siap untuk menolak keringanan pinjaman mahasiswa

Kepala Petugas Keamanan Informasi Federal Chris Terusha berkata, “Panduan ini adalah bagian dari komitmen berkelanjutan pemerintah untuk melindungi infrastruktur digital kami dan melindungi keamanan dan privasi rakyat Amerika.”

Beberapa lembaga pemerintah, termasuk Gedung Putih, Departemen Pertahanan, Departemen Keamanan Dalam Negeri, dan Departemen Luar Negeri, telah melarang TikTok dari perangkat pemerintah sebelum pemungutan suara.

Larangan TikTok tidak berlaku jika ada kegiatan keamanan nasional, penegakan hukum, atau penelitian keamanan, tetapi pimpinan lembaga harus menyetujui kegiatan ini, kata Young, seraya menambahkan bahwa “pengecualian di seluruh lembaga tidak diizinkan.”

Pada hari Selasa, Komite Urusan Luar Negeri DPR akan memberikan suara pada RUU yang akan memberi Presiden Joe Biden kekuatan untuk melarang TikTok dari semua perangkat AS.

“RUU saya memberdayakan pemerintah untuk melarang TikTok atau aplikasi perangkat lunak apa pun yang mengancam keamanan nasional AS,” kata Rep. Mike McCaul, ketua komite. “Siapa pun yang telah mengunduh TikTok ke perangkat mereka telah memberikan (Partai Komunis China) pintu belakang ke semua informasi pribadi mereka. Itu adalah balon mata-mata di ponsel Anda.”

Serikat Kebebasan Sipil Amerika mengatakan menentang larangan Kongres terhadap TikTok.

Dalam 90 hari, agensi harus menangani penggunaan TikTok oleh vendor TI melalui kontrak, dan agensi akan memiliki waktu 120 hari untuk memasukkan larangan baru terhadap TikTok dalam semua permintaan baru, kata memo Gedung Putih.

Sebelumnya pada hari Senin, Kanada mengumumkan telah melarang TikTok dari perangkat yang dikeluarkan pemerintah, dengan mengatakan hal itu menghadirkan tingkat risiko yang “tidak dapat diterima” terhadap privasi dan keamanan, menambah keretakan yang tumbuh antara kedua negara.

Seorang juru bicara TikTok mengatakan larangan Kanada dikeluarkan “tanpa mengutip masalah keamanan khusus atau menghubungi kami dengan pertanyaan.”

READ  Adani Group: Perusahaan India tertangkap dalam kesepakatan AS senilai $1,87 miliar

Dua lembaga pembuat kebijakan terbesar di Uni Eropa pekan lalu melarang TikTok dari ponsel karyawan karena masalah keamanan siber.

David Shepherdson melaporkan; Diedit oleh Chris Saunders dan Lisa Shumaker

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *