Kecelakaan kereta Yunani: korban tewas terus meningkat

TEMPE, Yunani (AP) – Tim penyelamat mencari korban selamat hingga Rabu malam di tengah reruntuhan dua kereta api yang hancur dan hangus yang bertabrakan di Yunani utara, menewaskan sedikitnya 43 orang dan membuat gerbong menabrak simpul baja yang bengkok dalam kecelakaan kereta terburuk di negara itu. kecelakaan

Tabrakan yang terjadi sebelum tengah malam pada hari Selasa, melemparkan beberapa penumpang ke atap dan jendela.

“Kepalaku terbentur atap mobil dengan goyangan,” kata Stephanos Kokakos, yang berada di mobil belakang, kepada penyiar negara bagian ERT. Dia mengatakan jendela pecah dan pengendara dihujani kaca.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyebut tabrakan antara kereta penumpang dan kereta barang sebagai “kecelakaan kereta api yang mengerikan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara kita” dan menjanjikan penyelidikan independen yang lengkap.

Dia mengatakan kecelakaan itu tampaknya “terutama karena kesalahan manusia yang tragis,” tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Kereta api dari Athena ke Thessaloniki membawa 350 penumpang, banyak di antaranya pelajar yang kembali dari perayaan Karnaval.. Sementara jalurnya digandakan, kedua kereta berjalan berlawanan arah di jalur yang sama di dekat Tempe Vale, sebuah lembah sungai sekitar 380 kilometer (235 mil) di utara Athena.

Penangkapan Kepala Stasiun; Menteri mengundurkan diri

Pihak berwenang menangkap kepala stasiun di perhentian terakhir kereta di Larissa. Mereka tidak merilis nama pria itu atau alasan penangkapannya, tetapi kepala stasiun bertanggung jawab atas lalu lintas kereta api di jalur tersebut. Dia akan menghadap jaksa pada hari Kamis untuk didakwa secara resmi.

Menteri Perhubungan Kostas Karamanlis mengundurkan diri, mengatakan dia mengundurkan diri “sebagai tanda penghormatan mendasar untuk mengenang orang-orang yang meninggal secara tidak adil”.

READ  SpaceX memperkenalkan astronot internasional ke misi stasiun luar angkasa

Karamanlis mengatakan dia telah melakukan “segala upaya” untuk meningkatkan sistem kereta api, yang tidak sesuai dengan abad ke-21.

Namun, dia menambahkan, “Jika sesuatu yang tragis ini terjadi, kita tidak dapat melanjutkan seolah-olah tidak terjadi apa-apa.”

Serikat pekerja yang mewakili pekerja kereta api mengumumkan pemogokan 24 jam pada hari Kamis, sementara protes oleh kelompok sayap kiri meletus di Athena Rabu malam. Pekerja metro Athena juga menyerukan pemogokan 24 jam pada hari Kamis, mengatakan mereka menghadapi masalah yang sama dengan pekerja kereta api.

Puing-puing membuat upaya penyelamatan menjadi sulit

Kru darurat menggunakan derek dan alat berat lainnya untuk memindahkan sebagian besar kereta, memperlihatkan lebih banyak mayat dan sisa-sisa yang hancur. Operasi akan berlanjut sepanjang malam, dengan petugas pemadam kebakaran membuat kemajuan tanpa usaha ke dalam puing-puing.

“Tidak mungkin ada yang selamat, tapi harapan mati terakhir,” kata penyelamat Nikos Zigoris.

Rubini Leontari, kepala koroner Larisa, mengatakan 43 jenazah telah dibawa kepadanya untuk pemeriksaan dan identifikasi DNA diperlukan karena sebagian besar sudah membusuk.

“Sebagian besar (jenazah) adalah anak muda,” katanya kepada ERT. “Mereka dalam kondisi yang sangat buruk.”

Dinas pemadam kebakaran Yunani mengatakan 57 orang, termasuk enam dalam perawatan intensif, telah dirawat di rumah sakit Rabu malam. Lebih dari 15 lainnya dipulangkan setelah perawatan.

Lebih dari 200 orang, tidak terluka atau luka ringan, dibawa dengan bus ke Thessaloniki, 130 kilometer (80 mil) ke utara. Dalam upaya melacak yang hilang, polisi mencatat nama mereka saat mereka tiba.

Hellenic Rail, yang mengoperasikan semua kereta penumpang dan barang Yunani, menyampaikan “belasungkawa yang tulus” kepada keluarga para korban, termasuk mereka yang tertabrak. Perusahaan ini dimiliki oleh Italian State Railways.

READ  Perwakilan Demokrat Eliza Slotkin mengumumkan perlombaan Senat di Michigan

Delapan pekerja kereta, termasuk dua pengemudi kereta barang dan dua pengemudi kereta penumpang, termasuk di antara yang tewas, kata Yannis Nitsos, kepala Serikat Pekerja Kereta Api Yunani.

Serikat pekerja menyerukan pemogokan satu hari untuk memprotes boikot lama kereta api Yunani oleh pemerintah berturut-turut.

“Sayangnya, tuntutan lama kami untuk perekrutan staf, pelatihan yang lebih baik, dan terutama penggunaan teknologi keamanan modern selalu berakhir di keranjang sampah,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Penumpang mengatakan kecelakaan kereta terdengar seperti ledakan

Seorang remaja yang selamat, yang tidak menyebutkan namanya kepada wartawan, mengatakan dia merasakan pengereman mendadak dan melihat percikan api sesaat sebelum kecelakaan – kemudian berhenti mendadak.

“Gerbong kami tidak anjlok, tapi gerbong di depan anjlok dan tertimpa,” ujarnya. Dia memecahkan jendela mobil keempat dan menggunakan tas itu untuk melarikan diri.

Cocakos mengatakan kecelakaan itu terasa seperti ledakan dan asap masuk ke dalam kabin. Beberapa penumpang melarikan diri melalui jendela, tetapi setelah beberapa menit, staf dapat membuka pintu dan membiarkan orang keluar, katanya.

Beberapa mobil tergelincir dan setidaknya satu terbakar.

“Suhu mencapai 1.300 derajat Celcius (2.372 derajat Fahrenheit), yang membuatnya semakin sulit untuk mengidentifikasi penghuninya,” kata juru bicara dinas pemadam kebakaran Vasilis Tradyoannis.

Seorang pria yang mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada putrinya di kereta mengatakan dia melakukan percakapan telepon yang mengerikan dengannya sebelum dia terputus.

“Dia mengatakan kepada saya, ‘Kami terbakar. … Rambut saya terbakar,'” katanya kepada ERT, tanpa menyebutkan namanya.

Yunani berubah dari karnaval menjadi berkabung

Banyak penumpang adalah pelajar yang kembali ke Thessaloniki dari karnaval, tetapi para pejabat mengatakan daftar penumpang yang terperinci tidak tersedia. Festival pra-Prapaskah dirayakan tahun ini untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai pada tahun 2020.

READ  Pembeli akan kembali ke pasar perumahan karena harga turun untuk pertama kalinya sejak 2012

Pemerintah mengumumkan tiga hari berkabung nasional mulai Rabu, sementara bendera dikibarkan setengah tiang di luar semua gedung Komisi Eropa di Brussel.

Perdana Menteri Mitsotakis, yang mengunjungi lokasi kecelakaan, mengatakan pemerintah harus membantu menyelamatkan korban luka dan mengidentifikasi korban tewas.

“Saya dapat menjamin satu hal: kami akan menemukan alasan tragedi ini dan melakukan segala yang kami bisa untuk mencegah hal seperti ini terjadi lagi,” kata Mitsotakis.

Ini adalah kecelakaan kereta api terburuk di negara ini. Pada tahun 1968, 34 orang tewas dalam kecelakaan di Peloponnese selatan.

Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou, yang sedang dalam kunjungan resmi ke Moldova, mengunjungi tempat kejadian, meletakkan bunga di dekat reruntuhan.

Dalam pesan yang dikirim oleh Sekretaris Negara Vatikan kepada ketua Konferensi Waligereja Yunani, Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Belasungkawa mengalir dari seluruh dunia, termasuk negara tetangga Turki, saingan regional bersejarah Yunani. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan belasungkawa dan berharap yang terluka cepat sembuh, kata kantornya.

Meskipun hubungan dingin antara dua anggota NATO, kepemimpinan Yunani mengundang Erdogan menyusul gempa besar bulan lalu di Turki yang menewaskan puluhan ribu orang.

Di Athena, beberapa ratus anggota kelompok sayap kiri berbaris Rabu malam untuk memprotes kematian kereta api. Bentrokan kecil pecah ketika beberapa pengunjuk rasa melemparkan batu ke kantor operator kereta api Yunani dan polisi anti huru hara. Tidak ada penangkapan atau cedera yang dilaporkan.

___

Baphitis dilaporkan dari Athena, Yunani. Derek Katopoulos di Athena dan Patrick Quinn dan David Rising di Bangkok berkontribusi pada cerita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *